Otomotif

Solusi Transportasi Indonesia untuk Paramedis di Masa Pandemi

Solusi Transportasi Indonesia untuk Paramedis di Masa Pandemi

Solusi Transportasi Indonesia untuk Paramedis di Masa PandemiMasa pandemi corona belum berakhir hingga hari ini, walaupun karantina sudah dilakukan sejak awal tahun 2020. Penderita yang mengalami gejala virus ini terus bertambah setiap harinya, akan tetapi banyak pula yang sembuh dan telah dipulangkan. Namun, tentu saja petugas paramedis masih harus bekerja sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Masalah yang sering dihadapi oleh tim para medis adalah tidak adanya transportasi yang mengangkut mereka. Menggunakan transportasi umum dikhawatirkan akan menularkan dan membuat paranoid masyarakat lain, sehingga banyak yang menggunakan transportasi pribadi. TRAC Bus layani antar jemput tenaga medis menjadi kabar baik untuk petugas paramedis yang bertugas di daerah sekitar Jakarta Timur.

Senin lalu, pada 30 Januari 2020, TRAC Bus Services dipercaya oleh pihak KEMENPAREKRAF sebagai solusi angkutan untuk paramedis, khususnya paramedis dari rumah sakit yang bekerja menangani pasien Covid-19. Hal tersebut dikarenakan meningkatnya kebutuhan mobilitas tenaga kesehatan, yang belakangan di tambah oleh pihak rumah sakit. Penambahan tenaga medis ini bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan agar tercipta jam kerja yang sehat bagi paramedis.

Untuk saat ini, TRAC bus melayani kebutuhan paramedis yang bekerja untuk rumah sakit Persahabatan. Dari rumah sakit tersebut, bus akan beroperasi menuju penginapan di hotel yang terletak di sekitar daerah Rawamangun, Jawa Timur. Karena membawa paramedis yang merawat pasien positif corona, tentu ada prosedur khusus dalam pengoperasian bus ini. Detail bus yang menjadi solusi transportasi Indonesia bagi paramedis tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Unit bus yang digunakan adalah satu bus dengan jenis big bus dan small bus dengan merek Hiace. Bus tersebut merupakan bus yang sudah mendapatkan standarisasi dan bisa digunakan ketika masa PSBB dilangsungkan oleh pemerintah. Keadaan di dalam bus pun dibuat sesaui dengan prosedur social distancing yang dicanangkan oleh pemerintah.
  2. Untuk pengoperasioalan bus ini, jadwal ditetapkan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. Bus akan mengantar paramedis pada pukul 7 pagi dan menjemputnya pukul 9 malam. Dalam sehari, bus hanya diperbolehkan melakukan 5 kali perjalanan operasional.
  3. Bus yang digunakan sebagai solusi transportasi Indonesia bagi tenaga kesehatan ini, telah di modifikasi dan di sesuaikan dengan berbagai aturan yang telah ditetapkan selama masa PSBB berlangsung.
  4. Pengemudi telah dibekali pengetahuan untuk menjaga keamanan diri dan bus yang dikemudikan. Supir juga dilengkapi dengan APD atau alat perlindungan diri, sehingga ia bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Selain itu, pihak supir juga diberikan pelayanan dan penjagaan khusus dari pihak KEMENPAREKAF untuk menjaga kelangsungan hidup dan kesehatannya selama bertugas.

Bantuan antar jemput ini merupakan kabar baik yang disambut oleh banyak pihak, terutama tenaga medis dari pihak rumah sakit Persahabatan. Harapannya, bantuan tersebut bisa membantu meringankan beban mereka ketika hendak berangkat ataupun pulang dari rumah sakit ketika selesai melakukan tugasnya. Ini juga merupakan langkah pencegahan agar tidak ada virus yang menyebar di luar rumah sakit.

Solusi transportasi Indonesia bagi pihak paramedis ini aman dan terjamin tidak akan menularkan virus ke luar dari rumah sakit. Pengemudi dan penumpang bus telah melakukan langkah pencegahan diri dengan baik, bus selalu disemprot dengan desinfektan, serta pihak hotel juga melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan baik. Dengan begitu, tidak ada pihak yang dirugikan dengan adanya transportasi bus ini.

Berita Terkait

AHM Adakan Honda Ramadan Fest 2019, Telah Hadir di 28 Kota

Nurofia Fauziah

Calya Disegarkan saat Masuki Usia Tiga Tahun, Ini Alasan Toyota

Nurofia Fauziah

Bocor, Tampang Yamaha NMAX Facelift 2020

Nurofia Fauziah

Land Rover Discovery Bermesin 2 Liter Resmi Mengaspal di Indonesia, Harga 2,499 Miliar

Nurofia Fauziah

Harga Jual Avanza Dipangkas Rp 15 Juta Auto2000 Diskon Akhir Tahun

Nurofia Fauziah

Harga dari 75 Jutaan Saja Mobil Keluarga Lawas Bermesin Tangguh Incaran Pembeli Toyota Kijang LGX

Nurofia Fauziah

Tips Ala Nabila Putri Untuk Para Cewek yang Mau Belajar Naik Moge

Nurofia Fauziah

Ini Lo Makna Emblem ‘RS’ Pada Mobil Honda Banyak yang Tidak Tau

Nurofia Fauziah

 Kontes Suryanation Ini Sangat Fantastik! Pete Pearson Builder Motor Custom Asal Inggris

Nurofia Fauziah

Meskipun Harga Mobil Bekas Turun, Anda Tetap Bisa Mendapatkan Kendaraan Terbaik di Mobil88

Nurofia Fauziah

Mobil TOGG Turki Mirip Prototipe Mobil Tiongkok yang Dipamerkan di Shanghai Auto Show 2017

Nurofia Fauziah

Kemenhub Berencana Beri Suara Sepeda Motor Listrik Layaknya Motor Konvensional

Nurofia Fauziah

Leave a Comment