Bisnis

Siapkan Nomor ID Pelanggan Cara Dapat Token Gratis PLN Kompensasi Covid-19 Login www.pln.co id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan kebijakan terkait listrik gratis sebagai kompensasi di tengah pandemi virus corona atau Covid 19 yang melanda Indonesia. Mengutip esdm.go.id, Sabtu (4/4/2020) sebagai upaya mendukung kebijakan Presiden Jokowi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggratiskan biaya bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA). Bagi pelanggan prabayar, cara dapat token listrik gratis PLN yakni dengan mengirimkan nomor ID pelanggan melalui login website PLN www.pln.co.id atau WA dengan nomor 08122 123 123.

Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 (tiga) bulan terakhir. Sementara bagi pelanggan pascabayar, secara otomatis PLN akan menggratiskan biaya listrik bulan April, Mei dan Juni. Tidak hanya bagi pelanggan 450 VA, PLN juga memberikan diskon 50 persen kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA.

Cara mendapatkan diskon 50 persen bagi konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA yakni dengan mengirimkan nomor ID pelanggan melalui website PLN www.pln.co.id atau WA dengan nomor 08122 123 123. Secara otomatis biaya tagihan bagi pelanggan pascabayar akan terpotong 50 persen. Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

1. Buka www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan . 2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. 3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. 1. Buka Aplikasi WhatsApp. 2. Chat WhatsApp ke 08122 123 123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul. 4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Selain itu juga dijelaskan, dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Sementara itu, saat ini sekira 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. PLN menegaskan, proses ini akan selesai dalam sepekan ke depan. Hal tersebut agar seluruh digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

"Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut," ungkap Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka. Kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu. "Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi," jelasnya.

Sementara baru baru ini, PLN melalui akun instagram resminya @pln_id membagikan cara bedakan pelanggan subsidi dan non subsidi. Berikut panduan yang diberikan PLN: Cek struk pembayaran sebelumnya.

Lihat pada kolom Tarif/Daya. Jika tertera kode R1, maka berhak mendapatkan gratis listrik atau diskon. Namun, jika pada kolom Tarif/Daya kodenya adanya R1M/900, maka dipastikan tidak akan mendapat gratis atau diskon.

Berita Terkait

Rilis Data Neraca Perdagangan Berpotensi Katrol Laju IHSG Hari Ini

Nurofia Fauziah

Pertamina Janjikan Kompensasi unruk Korban Tumpahan Minyak ONWJ di Karawang

Nurofia Fauziah

APTI Memprediksi Penjualan Rokok Turun Akibat Kenaikan Tarif Cukai

Nurofia Fauziah

Tiketnya Hilang di Marketplace Traveloka, AirAsia Disarankan Lapor ke KPPU

Nurofia Fauziah

PP Urban Tawarkan Milenial Hunian Vertikal Berkualitas di Tangsel

Nurofia Fauziah

Pertamina Targetkan Campuran B30 Capai 8 Titik hingga Awal Tahun

Nurofia Fauziah

Kemenhub Tegasman Komitmen Tingkatkan Keamanan Labuan Bajo Jadi Bali Baru

Nurofia Fauziah

Sriwijaya Air Ingin Akhiri Kerja Sama dengan Garuda Apa Kata Menhub

Nurofia Fauziah

Kemenhub Bakal Poles Bandara Sibisa Buat Tunjang Wisata Di Danau Toba

Nurofia Fauziah

Napolly Diganjar Penghargaan Ini berhasil Bikin Inovasi Sofa Plastik Knock Down Bermotif Rotan

Nurofia Fauziah

Jiwasraya Disebut Belum Sampaikan Laporan Keuangan 2018 menuju OJK

Nurofia Fauziah

Hingga Akhir Tahun Ini, IHSG Diprediksi Bisa Tembus 6.800

Nurofia Fauziah

Leave a Comment