Metropolitan

Saya Wakili Pendukung Anies yang Marah Laporkan Ade Armando menuju Polisi Fahira Idris

Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait kasus meme wajah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang diubah menjadi joker. Pelapor yang mengadukan perbuatan Ade adalah Fahira Idris, Anggota DPD RI. Menjawab rasa heran itu, Fahira Idris angkat bicara bahwa dirinya melaporkan Ade untuk mewakili suara dari banyak pendukung Anies yang merasa tersinggung.

Mereka meminta Fahira untuk melaporkan perbuatan Ade ke Polda Metro Jaya. Fahira melanjutkan Ade Armando untuk berhenti menyakiti perasaan pihak lain. Sebab, kasus yang menjerat Ade bukan baru kali ini saja. Ade telah beberapa kali terlibat kasus.

"Jadi perkembangan selanjutnya saya akan berbicara dengan bapak Kapolda terkait kasus ini. Untuk memberi penjelasan lanjut terkait kasus ini," tandasnya. Dikutip dari Kompas.com, sebelumnya, anggota Dewan Perwakilan Daerah RI, Fahira Idris, melaporkan akun Facebook atas nama Ade Armando atas dugaan perubahan terhadap bentuk dokumen dan atau informasi elektronik atas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Laporan tersebut terdaftar dalam nomor laporan LP/7057/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus, tanggal 1 November 2019.

Pajang foto Gubenur DKI Jakarta dengan riasan wajah karakter penjahat DC Comics Joker di Facebook, Dosen Universitas Indonesia Ade Armando dilaporkan ke polisi. Tak cuma menggungah meme foto Anies Baswedan yang dimodifikasi menyerupai tokoh Joker, Ade Armando juga menyertainya dengan dengan narasi "Gubernur Jahat Berawal dari Menteri yang Dipecat,". Dilaporkan Fahira Idris, Ade Armando memberikan reaksi santai.

Diwartakan sebelumnnya Fahira Idris mengatakan, Ade Armando diduga melakukan perubahan terhadap bentuk dokumen dan atau informasi elektronik atas foto Anies. "Foto (yang diunggah) di Facebook nya Ade Armando adalah foto Gubernur Anies Baswedan yang merupakan dokumen milik Pemprov DKI atau milik publik yang diduga diubah menjadi foto seperti (tokoh) Joker," ujar Fahira Idris di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (1/11/2019). Selain itu, narasi yang ada dalam foto tersebut, menurut FahiraIdris sebagai bentuk pencemaran terhadap nama baik Anies Baswedan.

"Foto itu juga diunggah dengan kata kata atau narasi yang mengarah pada pencemaran nama baik, yakni 'Gubernur Jahat Berawal dari Menteri yang Dipecat'," ujar Fahira Idris. Dalam laporan dengan nomor LP/7057/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus, tanggal 1 November 2019 itu, Fahira melaporkan Ade dengan dugaan pelanggaran terhadap Pasal 32 ayat 1 jo Pasal 48 ayat 1 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Laporan tersebut ditanggapi santai oleh Ade. Ia menyebut bahwa bukan dirinya yang mengedit foto Anies dengan riasan Joker tersebut.

Ade menjelaskan, meme tersebut merupakan bentuk kritiknya terhadap Anies dalam mengelola pemerintahan. Salah satu yang ia soroti adalah anggaran anggaran tidak wajar yang sempat viral beberapa hari belakangan. Beberapa di antaranya adalah anggaran lem aibon dan bolpoin yang mencapai miliaran rupiah.

Adapun, terkait laporan tersebut, Ade justru mempermasalahkan mengapa anggota DPD itu yang melaporkan dirinya. "Saya heran, apa urusan Fahira Idris menggugat saya. Memang dia apanya Anies? Kalau lah ada yang mau menggugat saya, orang itu seharusnya Anies Baswedan," ujar dia. Namun, Ade mengaku siap menjalani proses hukum yang berlaku.

Ia cukup percaya diri menghadapi kasus ini, karena merasa dirinya tidak bersalah.

Berita Terkait

Yello Hotel & Harris Hotel Gelar Fun Rally 2019 Garda Oto Radio Sonora

Nurofia Fauziah

Driver Taksi Online Aniaya Dan Peras Penumpang, Pihak GO JEK Beri Penjelasan

Nurofia Fauziah

Mayat Wanita Ditemukan Terkubur di Taman Kota Tol Jagorawi, Diduga Korban Pembunuhan

Nurofia Fauziah

Pembawa Mata Uang Asing Senilai Rp 90 Miliar Di Bandara Soekarno Hatta Mengaku Pegawai Money Changer

Nurofia Fauziah

Satpol PP Siagakan Patroli Motor di Setiap Kecamatan Antisipasi Tawuran

Nurofia Fauziah

Korsleting Listrik Penyebab Kebakaran Satu Rumah Tingkat Dua di Jalan Utan Kayu

Nurofia Fauziah

Hentikan Politisasi Banjir Saatnya Gotong Royong Bantu Rakyat

Nurofia Fauziah

Prakiraan Cuaca BMKG Wilayah DKI Jakarta Selasa 2 Ramadan 1440 H, Seluruh Wilayah Cerah di Dini Hari

Nurofia Fauziah

Mengawinkan Konsep Naturalisasi & Normalisasi Dua Cawagub DKI Sepakat Solusi Atasi Banjir

Nurofia Fauziah

Bintang Iklan Trader Saham di YouTube Ngaku Bernama Budi Setiawan Jadi Viral Inikah Sosok Aslinya

Nurofia Fauziah

LRT Jakarta Keok Sama Ojol Di Empat Stasiun Lainnya Menang Di Dua Stasiun

Nurofia Fauziah

Penyebab Meninggalnya Ria Nurhayati, Pengemudi Ojek Online Korban Jambret di Traffict Light Menteng

Nurofia Fauziah

Leave a Comment