Internasional

Perusahaan Pembuat Mesin Gyoza Terbaik di Dunia dari Jepang Mulai Melirik Pasar Indonesia

Mesin Gyoza buatan Jepang sejak 30 tahun terakhir mengalami peningkatan penjualannya hingga menjadi pembuat mesin gyoza terbaik di dunia. Produksinya 5 kali lipat atau 1.500 gyoza per jam ketimbang buatan tangan, namun rasanya tidak kalah enak. Gyoza adalah makanan Jepang yang asal mulanya dari China dan bentuknya seperti pangsit.

Bisa dimakan dalam keadaan basah (rebusan) atau digoreng dengan banyak variasi mulai pakai keju, rasa buah, sayur, daging dan sebagainya. Penjualannya ingin diperluas ke Indonesia dalam waktu dekat ini karena melihat pasar penduduk yang sangat besar dengan 260 juta penduduknya. Paling banyak terjual di Singapura, Hong Kong dan di negara Eropa maupun Amerika Serikat. Namun kini ingin memasarkan sampai ke Indonesia.

"Saya pernah ke Jakarta beberapa tahun lalu karena ada perusahaan besar membeli satu mesin besar kami untuk membuat gyoza. Kalau itu berharga puluhan juta yen. Tapi yang kita tawarkan ini untuk usaha kecil menengah hanya 1,38 juta yen dan bisa dimasukkan ke dalam koper,” paparnya. "Ukurannya memang kecil dapat masuk koper namun beratnya mencapai 44 kg sehingga mungkin harus bayar over weight kalau dibawa sendiri lewat pesawat udara, kecuali kelas bisnis," tambahnya. "Produk mini alat pembuat gyoza tersebut kini terjual terbanyak di dunia dan perusahaan kami memang sejak awal fokus hanya untuk pembuatan mesin gyoza saja, sehingga teknologi terbarunya tetap kami kembangkan untuk produk terbaru kami," ujar dia.

Lalu bagaimana dengan produk pembuat gyoza yang lain misalnya dari China? "Iya benar sekali. Muncul yang mirip kami punya dengan harga hanya seperempatnya. Namun tentu kualitasnya sangat rendah. Setahun dua tahun dipakai juga sudah rusak," kata dia. Sedangkan buatan pabriknya banyak pembelinya yang bisa memakai 20 tahun hingga kini juga tetap bagus.

"Yang lain mungkin karena dipakai puluhan tahun setiap hari ya ada suku cadang yang aus biasa saja sehingga perlu kami ganti yang baru. Jaminan satu tahun kalau rusak diganti yang baru," kata dia. Pembeli mesin gyoza tersebut salah satunya Tanaka mengaku sangat puas dengan mesin buatan Toa. "Saya pakai sudah 20 tahun dan tetap bagus dan penjualan saya per bulan dari penjualan gyoza saja kini bisa mencapai 3 juta yen. Lumayan lah," ungkap Tanaka.

Bagi pembeli di Indonesia dapat menghubungi : [email protected] untuk menanyakan lebih lanjut mesin gyoza buatan Jepang yang paling laku di dunia tersebut. "Akan dijawab dalam bahasa Indonesia," kata dia. Gyoza menjadi salah satu makanan populer di Jepang.

Berita Terkait

Kapal Pesiar Norwegia, Viking Sky Kirim Sinyal Darurat, 1.300 Penumpang Dievakuasi dengan Helikopter

Nurofia Fauziah

Arab Saudi Tangkap Ibu Hamil Karena Dituduh Kritik Putra Mahkota

Nurofia Fauziah

7 Miliar Yen Biaya 2 Daijosai Upacara Ritual Terakhir Kaisar Jepang Baru

Nurofia Fauziah

Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Dilarang Berfoto Selfie, Apa Alasannya?

Nurofia Fauziah

Intip Perubahan Logo UNICEF dari Awal Berdiri hingga Saat Ini Ulang Tahun ke-73

Nurofia Fauziah

Wanita Ini Siram Kekasih Pakai Air Keras Pacaran 6 Bulan Tak Segera Diajak Nikah

Nurofia Fauziah

Tak Punya SIM A, Polwan di Jepang Pilih Mundur

Nurofia Fauziah

Inilah Asal Muasal Kode Darurat Amerika Serikat 911 dan Fakta di Baliknya

Nurofia Fauziah

Diangkat dari Novel Horor Stephen King dari Tayang Hari Ini Simak Sinopsis Lengkap Doctor Sleep

Nurofia Fauziah

Karyawan di Inggris yang Bekerja dari Rumah karena Virus Corona Dibayar Pemerintah 80 Persen

Nurofia Fauziah

Persenjataannya Makin Maju, Korut Kembangkan Hulu Ledak yang Bisa Tembus Rudal Balistik Jepang

Nurofia Fauziah

Termasuk Ibu yang Tengah Hamil 31 Orang Tertular Virus Corona setelah Menghadiri Pesta Pernikahan

Nurofia Fauziah

Leave a Comment