Travel

Panduan Transportasi, Harga Tiket dan Tips Liburan ke Candi Borobudur ala TribunTravel

Mulai dari Candi Umbul, Hutan Pinus Kragilan, Air Terjun Kedung Kayang hingga Candi Borobudur yang ikonik. Magelang termasuk kota yang ramah untuk solo backpacker. Penginapan, warung makan dan transportasi umum sangat mudah ditemukan di Magelang.

Jadi, traveler tidak perlu takut atau khawatir melakukan solo backpacker ke Magelang. Ada banyak aktivitas wisata seru yang bisa kamu lakukan saat liburan ke Magelang. Candi Borobudur memang menjadi daya tarik utama wisatawan yang liburan ke Magelang, sehingga tak boleh dilewatkan.

Angkutan umum di Candi Borobudur melewati jalan utama pedesaan, sehingga tidak sulit menemukannya. Angkutan ini beroperasi di Mungkid Blondo Borobudur dengan tarif bervariasi sesuai jarak. Angkutan ini sudah beroperasi sejak pagi mulai pukul 06.00 hingga sore sekitar pukul 17.00.

Tiba di Candi Borobudur pukul 06.30, halaman parkir sudah terlihat ramai oleh bus wisata dan kendaraan pribadi pengunjung. Bahkan terlihat beberapa rombongan wisatawan mancanegara baru saja turun dari pintu keluar Candi Borobudur. Ternyata, mereka merupakan wisatawan dari Kanada yang rela datang pagi pagi ke Candi Borobudur untuk berburu sunrise.

Nama Candi Borobudur memang sudah tersohor di kalangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Candi Borobudur merupakan prasasti dari kerajaan Mataram Kuna yang dibangun pada abad VIII M dan berlatar belakang agama Budha. Candi Borobudur masuk dalam World Heritage List (WHL) UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia (World Culture Heritage) nomor 348 tanggal 19 Desember 1991 dan diperbarui menjadi nomor 592 tahun 1991.

Candi Borobudur buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00. Tiket masuk wisatawan domestik Candi Borobudur Rp 40 ribu untuk dewasa (10 tahun keatas) dan Rp 20 ribu untuk anak (10 tahun kebawah). Sudah tersedia banyak loket di Candi Borobudur dan loket untuk wisatawan asing dan domestik pun dipisah.

Jadi, wisatawan tidak perlu khawatir dengan antrian panjang pembelian tiket meski tamu sedang ramai. Fasilitas di kawasan Candi Borobudur pun sudah cukup lengkap, mulai dari toilet yang bersih, parkir luas, kursi roda untuk wisatawan disabilitas, dan charging station atau tempat mengisi daya untuk gadget. Sebelum masuk ke dalam situs Candi Borobudur, wisatawan harus melewati serangkaian pemeriksaan barang, khususnya wisatawan yang membawa tas besar.

Benda tajam, rokok dan korek api tidak diperbolehkan dibawa masuk. Jika ada wisatawan membawa rokok menyala ke dalam area candi, maka petugas akan meminta untuk mematikan dan membuangnya. 1. Usahakan datang pagi pagi, jangan terlalu siang, karena panas terasa sangat terik saat mengitari kawasan Candi Borobudur.

2. Hindari akhir pekan atau liburan sekolah jika ingin menikmati suasana Candi Borobudur yang tenang dan sepi. 3. Pakai tabir surya, topi atau payung lebih disarankan jika tidak ingin tersengat Matahari. 4. Pakai alas kaki dan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.

5. Hindari hari besar agama Buddha, misalnya saat momen Waisak. 6. Siapkan fisik sebaik mungkin, karena rute pintu keluar menuju parkiran sangat jauh. 7. Patuhi aturan di kawasan candi dan menjaga kesopanan.

Berita Terkait

7 Tips Agar Tidak Mudah Sakit Saat Naik Pesawat Menurut Pramugari

Nurofia Fauziah

Daftar 20 Maskapai Penerbangan Teraman di Dunia 2020 versi AirlineRatings.com Adakah Indonesia

Nurofia Fauziah

Nikmati Keseruan di Dunia Harry Potter Panduan Lengkap Wisata menuju Universal Studios Japan

Nurofia Fauziah

Liburan Seru! Inilah Cara Memilih Paket Wisata Luar Negeri yang Murah

Nurofia Fauziah

207 Ribu Tiket Kereta untuk Mudik Sudah Terjual, Simak Tips agar Tak Kehabisan

Nurofia Fauziah

Ada Satu yang Terjadi di Indonesia 9 Fenomena Alam Paling Menakjubkan & Misterius di Bumi

Nurofia Fauziah

Australia Sejumlah Negara Tingkatkan Travel Warning menuju Indonesia Inggris Amerika Serikat

Nurofia Fauziah

Ke-Santuy-an Tahun Baru Ala Havana di Santika Garut

Nurofia Fauziah

Cerita Khansa, Pendaki Cilik Asal Cibubur yang Gapai Puncak Tertinggi Kilimanjaro Afrika

Nurofia Fauziah

9 Camilan Tradisional Manis Di Jepang Yang Cocok Jadi Oleh Oleh

Nurofia Fauziah

Situ Janawi di Kabupaten Majalengka, Tawarkan Pesona ‘Telaga Suci’ nan Jernih

Nurofia Fauziah

Suasananya Obati Rindu Kampung Halaman 7 Tempat Nikmati Kuliner Tradisional Jogja

Nurofia Fauziah

Leave a Comment