Kesehatan

Operasi Katup Jantung, Kapan Mick Jagger Bisa Kembali Aktif di Panggung? Ini Kata Dokter

— Karena katup jantungnya bermasalah, Mick Jagger dikabarkan akan menjalani operasi di New York akhir pekan ini, dan harus beristirahat total untuk pemulihan. "Mick Jagger telah dinasihati oleh dokter bahwa ia tidak dapat pergi tur saat ini karena ia membutuhkan perawatan medis," kata seorang perwakilan dari Rolling Stones. Ini artinya, Mick Jagger belum bisa beraksi di panggung bersama , Rolling Stones. Ya, demi prosedur pemulihan Mick Jagger, Rolling Stones menunda tur Amerika Utara mereka No Filter yang dijadwalkan berlangsung dari 20 April hingga 29 Juli 2019.

"Para dokter telah memberi tahu Mick bahwa dia diharapkan untuk beristirahat total selama pemulihan nanti sehingga dia bisa kembali ke atas panggung sesegera mungkin," tambahnya. Melalui akun Twitter miliknya, Mick Jagger menekankan bahwa dia "hancur", namun akan bekerja keras untuk kembali ke atas panggung secepat mungkin. "Saya minta maaf kepada semua penggemar kami di Amerika dan Kanada yang telah memiliki tiket. Aku sangat benci mengecewakan kalian seperti ini," tulis Jagger.

"Saya hancur karena harus menunda tur, tetapi saya akan bekerja sangat keras untuk kembali ke panggung sesegera mungkin. Sekali lagi, permintaan maaf besar untuk semua orang," tuntasnya. Lantas, apakahMick Jagger harus rehat total? Berapa lama dia harus istirahat sebelum kembali ke panggung. Spesilis jantung dari RS Columbia Asia Pulomas, Dicky Hanafie, SpJP(K) menjelaskan jika operasi jantung setelah operasi butuh waktu seminggu untuk pemulihan di rumah sakit.

Kemudian setelah tindkaan perlu waktu tiga bulan lagi untuk proses rehabilitasi atau si penderita kembali normal menjalankan aktivitas. “Yang tanpa operasi besoknya langsung sembuh tapi gak semua bisa tanpa operasi… Nah kalau operasi jantung terbuka pemulihannya itu seminggu, seminggu untuk dirawat waktu, umumnya tiga bulan untuk rehabilitasi ya,” kata dr. Dicky. Mengenai penyakit katup jantung atau klep jantung seperti yang diderita oleh Mick Jagger, bisa terjadi karena kelainan atau gangguan pada katup.

Normalnya, manusia memiliki empat katup jantung. Jantung bekerja seperti pintu jadi saat ada yang rusak maka akan membuat kerja jantung jadi semakin berat. Karena kerja jantung yang semakin bertambah,maka bisa menyebabkan gagal jantung sehingga harus segera diobati.

“Karena ada kerusakan beban ke jantung jadi meningkat karena pintu tidak tertutup dengan baik, volume yang masuk ke jantung jadi bertambah kembali darahnya ke arah yang salah,” kata dr. Dicky Hanafie saat ditemui di Rs Columbia Asia Pulomas, Jakarta Timur, Selasa (2/4/2019). “Jadi putaran darahnya gak bener di dalam jantung,” sambung dr. Dicky. Pilihan pengobatannya adalah dengan perbaikan katup jantung tanpa operasi atau penggantian katup jantung melalui operasi.

“Gagal jantung karena kelainan katub ini bukan CRT pengobatan tapi perbaikan katup diganti atau, operasi jantung jadinya,” ujar dr. Diky. Perbaikan katup jantung yang tanpa operasi kata dr. Dicky tindakannya lebih cepat dibandingkan operasi jantung.

Berita Terkait

Lengkuas Punya 5 Manfaat Ini buat Obati Penyakit Tak Hanya Jadi Bumbu Penyedap

Nurofia Fauziah

Taukah Anda Coklat dapat Mengurangi Resiko Penyakit Stroke 5 Manfaat Dark Chocolate Bagi Kesehatan

Nurofia Fauziah

Mendadak Sakit Kepala Tak Melulu Minum Obat Solusinya, Cobalah Nikmati Secangkir Kopi

Nurofia Fauziah

Tips Agar Tetap Sehat Saat Cuaca Panas

Nurofia Fauziah

Jadi Pendonor Sumsum Tulang untuk Ani Yudhoyono, Ini Risiko yang Akan Dirasakan Pramono Edhie

Nurofia Fauziah

8 Warna Kotoran Telinga Ini Ternyata Menunjukan Kondisi Kesehatan Seseorang, Penting Diperhatikan!

Nurofia Fauziah

Tiga Warga Kota Bekasi Suspect Difteri

Nurofia Fauziah

Ini 5 Manfaat Rebung Tunas Pohon Bambu yang Bisa Turunkan Berat Badan Jarang Dikonsumsi

Nurofia Fauziah

Mandi Air Hangat hingga Makan Pedas Redakan Hidung Mampet 8 Tips Atasi Hidung Tersumbat karena Flu

Nurofia Fauziah

Memperkuat Tulang hingga Memperbaiki Tekstur Kulit 7 Manfaat Konsumsi Kentang bagi Kesehatan Tubuh

Nurofia Fauziah

Suhu Udara Lagi Panas Panasnya, Trik Agar Tetap Sehat, Minum Cukup Dan Makan Buah

Nurofia Fauziah

Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Bantu atasi Nyeri hingga Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Nurofia Fauziah

Leave a Comment