Kesehatan

Kolesterol Tinggi Biasanya Tanpa Gejala & Berisiko Membahayakan Nyawa Bagaimana Mendeteksinya

Kolesterol tinggi berpotensi menimbulkan gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Biasanya, kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala dan baru disadari setelah sudah berkembang menjadi penyakit jantung. Namun, tidak berarti tidak ada ciri ciri kolesterol tinggi yang bisa dideteksi.

Saat seseorang mengalami kolesterol tinggi, tidak berarti gejalanya baru terlihat saat mengalami gejala penyakit jantung, seperti nyeri di dada (angina) dan sebagainya. Beberapa ciri kolesterol tinggi yang bisa muncul adalah impotensi dan xanthomas. Munculnya impotensi bisa menjadi salah satu ciri kolesterol tinggi. Impotensi dapat terjadi karena kolesterol tinggi yang berdampak pada pembuluh arteri.

Ciri ciri kolesterol tinggi lainnya adalah adanya luka atau daging yang lembut dan berwarna kuning (xanthomas). Anda bisa dengan mudah mendapati keberadaan kolesterol tinggi dengan melakukan pemeriksaan darah dan kesehatan secara rutin. Jangan menunggu hingga terkena komplikasi yang lebih serius, selalu ikuti cek kesehatan secara teratur.

Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan untuk membentuk sel tubuh yang sehat, tetapi ketika asupan kolesterol dari makanan berlebihan atau terjadi kesalahan metabolisme, kolesterol yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Kolesterol tinggi terjadi saat kadar lemak trigliserida dan kolesterol jahat LDL mulai menumpuk di dinding pembuluh darah arteri serta menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Terkadang, kolesterol tinggi dapat diakibatkan oleh faktor keturunan, tetapi tidak berarti faktor lingkungan tidak turut berperan di dalamnya.

Pola makan yang tidak sehat, kurang berolahraga, dan obesitas adalah faktor faktor yang bisa menambah peluang seseorang mengalami kolesterol tinggi. Umumnya, ciri ciri kolesterol tinggi tidak terlihat jelas dan karenanya kita bisa saja tidak menyadari keberadaan kondisi medis ini tanpa cek kesehatan rutin. Kolesterol tinggi dapat menyempitkan dan menyumbat pembuluh darah, serta menimbulkan komplikasi berupa:

Terkadang ciri ciri kolesterol tinggi mulai dikenal saat sudah terjadi komplikasi komplikasi di atas. Meskipun terkadang tidak muncul gejalanya, kita tetap bisa mencegah kemunculan ciri ciri kolesterol tinggi. Mencegah kenaikan kolesterol dapat menghindarkan kita dari risiko mengalami penyakit jantung.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menghalangi kemunculan dari ciri ciri kolesterol tinggi: Gaya hidup sehat ini tidak hanya diterapkan saat sudah berusia lanjut, tetapi perlu dimulai sedini mungkin. Tidak hanya mencegah kolesterol tinggi dan penyakit jantung, kita juga bisa menghindari masalah kronis pada ginjal serta masalah karena peradangan dalam tubuh.

Selalu ingat untuk menjadwalkan cek kesehatan secara rutin untuk mengetahui kondisi tubuh dan menanggulangi masalah medis yang mungkin dialami tetapi tidak disadari.

Berita Terkait

Jadi Pendonor Sumsum Tulang untuk Ani Yudhoyono, Ini Risiko yang Akan Dirasakan Pramono Edhie

Nurofia Fauziah

Gunakan Lidah Buaya hingga Cuka Apel Beberapa Cara Sederhana Cegah Rambut Berketombe

Nurofia Fauziah

Remaja ini Jadi Buta dan Tuli, Sejak SD Hanya Mau Makan Frozen Food dan Snack Kemasan

Nurofia Fauziah

Mandi Air Hangat hingga Makan Pedas Redakan Hidung Mampet 8 Tips Atasi Hidung Tersumbat karena Flu

Nurofia Fauziah

11 Ciri Ciri Stres Sebagai Pertanda Anak Terkena Anoreksia

Nurofia Fauziah

Pernah Direhabilitasi Berulangkali Tertangkap Mengapa Ibra Azhari Masih Kecanduan Narkoba

Nurofia Fauziah

Upayakan Si Kecil dapat Kandungan Serat Bukan dari Minuman Serat Instan

Nurofia Fauziah

9 Kebaikan Saat Rutin Minum Air Putih Setiap Hari, Diet Sukses hingga Kulit Halus

Nurofia Fauziah

Kadar Lemak & Garamnya Tinggi Hati-hati Konsumsi Mi Instan! Nutrisinya Rendah

Nurofia Fauziah

Tanpa Disadari, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Fungsi Ginjal Anda

Nurofia Fauziah

Trik Tasya Kamila Menjaga Bayinya yang Kulitnya Sensi Agar Tak Mengulang Kisah Baby Ryu yang Viral

Nurofia Fauziah

Minum Kopi hingga Cari Tempat Gelap & Sunyi 7 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Nurofia Fauziah

Leave a Comment