Otomotif

Ini Komposisi Lengkap Tim Balap Yamaha Musim 2019

Yamaha Indonesia baru saja mengumumkan line up tim balapnya untuk musim balapan 2019 di Indonesia. Di seri kejurnas balap Motoprix 2019 ini, Yamaha akan menerjukan pembalapnya yang akan menggunakan motor MX King 150 dan Jupiter Z1 untuk mempertahankan dominasinya di semua region. Total ada 14 tim yang akan bertarung, dimana untuk wilayah Sumatera (Region 1) terdapat 4 tim, wilayah Jawa (Region 2) terdapat 5 tim, wilayah Kalimantan (Region 4) terdapat 2 tim dan wilayah Sulawesi (Region 5) terdapat 3 tim.

Di kejurnas Motoprix 2018 lalu, Yamaha mendominasi gelar juara diseluruh region melalui para pembalap seeded yang bertarung di kelas MP1 dan MP2. Untuk region 1, Renggi Lukmana dari tim Suhandi Padang 88 mampu mengamankan gelar juara di kelas MP1 dan MP2. Sedangkan di region 2, giliran Wilman Hammar yang berasal dari tim Bahtera berhasil menjadi juara di kelas MP1 dan MP2. Di region 4, Arianto Tarzan yang merupakan pembalap QQ STSJ turut berhasil menyabet gelar juara di kelas MP1 dan MP2. Hanya di region 5, tim balap Adhi Motor bersama pembalap Iswandi Muis menutup musim dengan menjadi runner up di kelas MP1, namun kelas MP2 Handy Tuahatu dari tim Akai Jaya tetap mampu menyegel gelar juara.

Kemudian di kejurnas Indospeed Race Series (IRS), Yamaha menurunkan 5 tim yang akan berlaga di kelas Sport 150 dan Sport 250 dengan menggunakan motor All New YZF R15 dan New YZF R25 yang merupakan produksi dalam negeri. Pada gelaran IRS 2018, Yamaha mencatatkan hasil positif dengan meraih kembali gelar juara nasional IRS. Richard Taroreh yang merupakan pembalap tim 549 Kaboci berhasil mengunci gelar juara di kelas sport 150cc. Sedangkan di kelas Sport 250cc, pebalap senior Rey Ratukore dari tim RRS berhasil menyudahi musim dengan berada di posisi ke 3 klasemen. Harapannya pada musim ini kesuksesan tersebut dapat terulang kembali.

Di kancah balap Internasional, Yamaha Indonesia akan kembali menurunkan pembalapnya di kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC). Pada musim 2019 ini, Yamaha Racing Indonesia akan menurunkan empat pembalap andalanya yaitu M. Faerozi dan Anggi Setiawan yang keduanya merupakan jebolan Yamaha VR46 Master Camp dan akan turun di kelas Asia Production 250 (AP250) menggunakan motor New YZF R25 generasi terbaru. Di kelas Under Bone 150 (UB150), dua pembalap belia Wahyu Nugroho dan Aldi Satya Mahendra yang juga merupakan adik kandung dari Galang Hendra Pratama siap bertarung menggunakan motor MX King 150.

Pemilihan dua pembalap muda untuk bertanding di level kejuaraan Asia merupakan gambaran atas proses penjenjangan yang dilakukan Yamaha terhadap para rider rider muda berbakatnya. Tujuannya agar saat melangkah ke kejuaraan dunia, mereka masih berada do rentang usia muda sehingga lebih kompetitif baik dari segi fisik maupun mental. Galang Hendra Pratama akan kembali berlaga di kejuaraan World Supersport 300 (WSSP300) dengan motor New YZF R3 generasi terbaru yang merupakan produksi Indonesia dan bergabung kedalam tim Yamaha Moto X Racing.

Tahun ini adalah tahun ke 2 bagi Galang untuk kemabali menjalani balap satu musim penuh dan berupaya kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Di musim 2018 Galang berhasil merebut podium pertama di sirkuit Brno, Republik Ceko dan sirkuit Jerez, Spanyol saat berstatus sebagai pebalap wild card di tahun 2017. “Baik di tahun 2017 dan 2018, Yamaha MX King berhasil merebut gelar juara Motoprix di kelas 150cc, terima kasih Yamaha Team untuk kerja kerasnya. Selama tiga tahun terakhir, YZF R15 telah mendominasi titel juara di gelaran IRS untuk kelas Sport 150. Tahun ini Yamaha Indonesia akan tampil di kategori tersebut menggunkanan All New YZF R15, dan New YZF R25 di kelas Sport 250," ungkapMinoru Morimoto, President Director & CEO PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Khusus untuk Galang Hendra yang telah menunjukan performa luar biasanya di World Supersport 300 dengan menjadi pembalap Indonesia pertama yang memenangakan 2 seri balapan dengan YZF R3 buatan Yamaha Indonesia, pihaknya berharap musim ini Galang kembali meraih hasil terbaik.

Berita Terkait

Salah Performa Mesin Bisa Turun Ini Cara Menghidupkan Mesin Mobil yang betul Sering Dispelekan

Nurofia Fauziah

Taati Peraturan di SPBU, Pengendara Motor Ini jadi Perhatian, Dilihat Banyak Orang

Nurofia Fauziah

Video Driver Ojol Naik Harley Davidson Road Glide Di Jalanan, Bikin Minder Yang Lain Nih

Nurofia Fauziah

DFSK Sudah Terima Inden 100 Unit untuk SUV Terbarunya, Glory 560

Nurofia Fauziah

Tak Ada Pengiriman Pabrik menuju Dealer Datsun Cross Stop Jualan

Nurofia Fauziah

Pajak Lamborghini Aventador Milik Raffi Ahmad yang Terbakar sampai Rp 2 Miliar

Nurofia Fauziah

Ini Kata Polisi Tunggak BPJS Diancam Tak Bisa Perpanjang SIM

Nurofia Fauziah

Gigi Cucunya Juga Rontok Ditabrak Moge Harley Davidson B 4754 NFE Neneknya Tewas

Nurofia Fauziah

Terbang Langsung ke Nagoya, Garuda Sematkan Livery Logo Mitsubishi di Badan Airbus A330

Nurofia Fauziah

Suzuki Ertiga Kena Ubahan Minor di Interior Apa Saja

Nurofia Fauziah

Avanza & Xenia Jadi Mobil Paling Dicari Jelang Nataru

Nurofia Fauziah

Isuzu & UD Trucks Siap Unjuk Gigi di Pameran Astra Autofest 2020 di BSD

Nurofia Fauziah

Leave a Comment