Techno

Ini Dia Peringkat Operator Seluler dengan Streaming Video Tercepat di Indonesia

OpenSignal merilis hasil penelitian terbaru bertajukLaporan Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2019untuk wilayah Indonesia. Dalam risetnya, perusahaan riset jaringan seluler itu menjabarkan perincian kecepatan internet dari lima operator seluler Tanah Air, yakni Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, Telkomsel, dan Hutchinson Tri (3). Dalam laporan ini pula OpenSignal mengungkapkan hasil uji performa kecepatan operator seluler yang digunakan untukstreamingvideo. OpenSignal melakukan riset tersebut sejak 1 Agustus hingga 29 Oktober 2019 lalu.

Untuk menghitung skor pengalaman video, OpenSignal mengukur secara langsung pengalamanstreamingvideo dari pengguna. Jumlah perangkat yang mereka uji mencapai 1.854.821 perangkat. Metode riset yang OpenSignal gunakan mengacu pada standar International Telecommunication Union (ITU) untuk menilai pengalamanstreamingvideo. Ada sejumlah variabel yang mereka uji, seperti waktu muat (loading),stalling, dan resolusi video, baik di jaringan 3G maupun 4G.

Berdasarkan temuan OpenSignal, Telkomsel masih menduduki posisi teratas sebagai operator seluler tercepat untuk urusanstreamingvideo (pengalaman video). Telkomsel memperoleh skor mencapai 58,8 poin, meningkat 4,5 poin dibanding laporan sebelumnya. Posisi berikutnya adalah XL dengan skor 50,8 poin, Tri 47,6 poin, Indosat 41,7 poin, dan Smartfren yang berada di posisi terbawah dengan 34,3 poin. Meski berada di posisi keempat, Indosat mencetak pertumbuhan yang paling signifikan di antara empat operator lainnya. Yakni, dengan peningkatan skor sebesar 7 poin.

XL dan Tri masing masing mengalami peningkatan sebesar 4,3 poin dan 5,6 poin. Sementara Smartfren menjadi satu satunya penyedia layanan seluler yang tercatat menunjukkan penurunan, sebesar 0,1 poin, sebagaimana KompasTekno rangkum dari situs OpenSignal, Selasa (17/12). Sebagai informasi, skor pengalaman video ini berkisar dari angka 0 hingga 100 dengan lima tingkatan penilaian: buruk (0 39), cukup (40 54), baik (55 64), sangat baik (65 74), istimewa (75 100). Berikut adalah operator seluler tercepat untukstreamingvideo di Indonesia berdasarkan peringkat:

Telkomsel (58,8 poin) XL Axiata (50,8 poin) Tri (47,6 poin) Indosat Ooredoo (41,7 poin) Smartfren (34,3 poin) Penulis: Bill Clinten

Berita Terkait

Samsung Sertakan Screen Protector Khusus di Tiap Kotak Pembelian Galaxy S10

Nurofia Fauziah

Tinggal di Negara Paling Rentan Kena Serangan Siber, Begini Cara Proteksinya

Nurofia Fauziah

Gunakan Versi Beta! Tema Serba Gelap Tema Dark Mode WhatsApp Begini Cara Mengaktifkannya

Nurofia Fauziah

Telkom Janji Buka Blokir Jika Netflix Kooperatif

Nurofia Fauziah

Sekarang Beli HP dari Luar Negeri Hanya Boleh Maksimal 2 Unit

Nurofia Fauziah

Lebih Laku 3 Kali Lipat Dari Pendahulunya Oppo Reno 2f Dijual Perdana Di 5 Kota

Nurofia Fauziah

ASUS Hadirkan Jajaran ZenBook Baru dengan Fitur Paling Canggih ‘The Laptop of Tomorrow’

Nurofia Fauziah

Ada Masalah di Baterai, Garuda Larang Penumpang Bawa Macbook Pro 15 Inci

Nurofia Fauziah

Gelontor 40 Juta Dolar, Telkomsel Bentuk Anak Usaha Baru

Nurofia Fauziah

Ini HP Lain yang Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp dari 1 Februari 2020 Selain iPhone 4

Nurofia Fauziah

Advan G3 Pro Nikmati Hiburan Sepuasnya Kualitas Bioskop dengan Genflix

Nurofia Fauziah

Huawei Mate 20 Pro Menjadi Smartphone Terbaik di MWC Barcelona 2019

Nurofia Fauziah

Leave a Comment