Kesehatan

Gunakan Lidah Buaya hingga Cuka Apel Beberapa Cara Sederhana Cegah Rambut Berketombe

Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Tak jarang beberapa wanita sangat peduli dengan kesehatan dan kebersihan rambut mereka. Satu di antara masalah rambut yang sering muncul adalah ketombe.

Ketombe bisa disebabkan oleh adanya jamur, bakteri, kondisi lingkungan, dan keringnya kulit kepala. Dikutip dari blodsky.com dan kompas.com , berikut tips sederhana dalam mencegah rambut berketombe. Menjaga kesehatan rambut agar tetap bersih dan tidak berketombe memang sangat penting.

Jika rambut Anda sudah berketombe, tetap jaga kelembaban kulit kepala. Pertahankan jadwal untuk keramas, dan usahakan dua hingga tiga kali dalam seminggu. Jika terlalu sering bisa menyebabkan kulit kepala menjadi lembab.

Gunakan shampo anti ketombe, usahakan pemakaian secara teratur. Anda harus ekstra sabar, perlahan lahan ketombe akan menghilang. Tidak hanya dalam penggunaan satu kali saja ketombe akan hilang, melainkan secara bertahap.

Kulit kepala yang kering bisa menyebabkan rambut berketombe. Caranya adalah dengan menjaga kelembaban kulit kepala Anda. Gunakan produk rambut yang mampu melembabkan dan usahakan hindari produk yang mengeringkan kulit kepala.

Sinar UV berbahaya dari matahari mampu merusak rambut dna kulit Anda. Lindungi rambut Anda, jangan sampai terpapar langsung dengan sinar matahari. Usahakan tutupi rambut Anda menggunakan topi, syal atau penutup kepala yang lainnya.

Lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk menghitamkan rambut, mencegah rambut rontok, lidah buaya juga ampuh untuk menghilangkan ketombe. Oleskan daging lidah buaya yang sudah dihaluskan secara merata ke permukaan kulit kepala.

Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Cuka apel memiliki sederet manfaat untuk kesehatan, termasuk menghilangkan ketombe secara alami. Sifat asam yang ada pada cuka apel, membuatnya merangsang pelepasan sel sel kulit mati di kulit kepala.

Anda dapat mencobanya dengan menambahkan beberapa sendok cuka apel ke dalam shampo. Bisa juga mencampurkannya dengan minyak esensial lainnya, dan semprotkan langsung ke rambut.

Berita Terkait

Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Medis Khusus Cegah Malnutrisi Bagi Anak Berpenyakit Langka

Nurofia Fauziah

10 Alasan Kenapa Harus Tidur Siang, dari Merasa Bahagia hingga Menghilangkan Gangguan Mental

Nurofia Fauziah

Apa Iya Makanan Tertentu Picu Jerawat

Nurofia Fauziah

Dermatitis Atopik yang Diderita Baby Ryu karena Colekan Tamu, Tisu Basah Bisa Jadi Pemicunya?

Nurofia Fauziah

Diet Ala Tarian K Pop, Pria Ini Berhasil Turunkan Berat Badan Hingga 36 Kilogram Dalam 7 Bulan

Nurofia Fauziah

Hingga Pernah Nekat Lakukan Percobaan Bunuh Diri Mengenal Penyakit Mental yang Dialami Ariel Tatum

Nurofia Fauziah

Iuran BPJS Kesehatan Bakal Disesuaikan, Berapa Besar Kenaikannya? Berikut Rincian Usulannya

Nurofia Fauziah

Mendadak Sakit Kepala Tak Melulu Minum Obat Solusinya, Cobalah Nikmati Secangkir Kopi

Nurofia Fauziah

5 Hari Hidup Sehat, Makan Sayur dan Buah, Sabtu Minggu Saatnya Cinta Laura Bebas Memilih Makanan

Nurofia Fauziah

Mana Lebih Baik, Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan?

Nurofia Fauziah

Trik Tasya Kamila Menjaga Bayinya yang Kulitnya Sensi Agar Tak Mengulang Kisah Baby Ryu yang Viral

Nurofia Fauziah

Pengetahuan Masyarakat tentang Kesehatan Jiwa Masih Minim

Nurofia Fauziah

Leave a Comment