Otomotif

Gubernur Anies Baswedan Umumkan Jakarta Siap Gelar Formula E di 2020, IMI: Ini yang Harus Disiapkan

Rencana Jakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Formula E disambut antusias. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan pada 2020, Formula E akan hadir di Ibukota Jakarta. Lantas persiapan apa saja yang harus segera dilakukan Jakarta? Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia ( IMI) Sadikin Aksa mengungkapkan secara bertahap, Jakarta harus menyiapkan sirkuit untuk balapan tersebut. Formula E dikenal sebagai balapan mobil listrik yang menggunakan jalanan perkotaan sebagai tempat balap. Saat ini ada 12 kota di seluruh dunia seperti Hong Kong, Sanya, Roma, Paris, Berlin, New York yang menyelenggarakan balap mobil listrik ini.

“Nanti biasanya ada desain sirkuit oleh desainer. Penyelenggara kemudian koordinasikan dengan IMI sebagai induk organisasi olahraga bermotor. Nanti kita bawa ke FIA sebagai federasi tertinggi lalu bersama sama berdiskusi dengan pemerintah kota,” ucap Sadikin yang dihubungi Minggu (14/7/2019). Sadikin menjelaskan Formula E sangat jarang dilaksanakan di sirkuit tertutup atau khusus balapan. Rata rata ada di jalanan perkotaan dengan jarak tidak lebih dari 3 kilometer. Sebagai contoh jalanan Hongkong yang digunakan untuk penyelenggaraan Formula E sejauh 1,8 kilometer. Kota Roma hadir dengan panjang sirkuit 2,8 kilometer.

Sadikin menjelaskan Formula E lebih mengutamakan pesan yang mereka bawa untuk setiap penyelenggaraan balapnya. Yakni mobilitas ramah lingkungan. “Berbeda dengan Formula 1 yang komersial, mereka membawa pesan bagaimana berkendara go green atau ramah lingkungan. Maka harapannya dalam penyelenggaraan nantinya juga turut membantu menurunkan polusi,” ucap Sadikin. Formula E pertama kali digelar pada 2014 dengan jalanan ibukota negara sebagai sirkuitnya. Saat ini ada 14 seri dengan 13 kota yang menjadi penyelenggara Formula E.

Untuk musim 2019/2020 sudah diumumkan ada 14 race di 12 kota. Dalam pengumuman tersebut, bulan Desember 2019 masih belum diumumkan kota apa yang akan menyelenggarakan balapan tersebut. Kemungkinan akan bertambah jadwal di 2020 untuk dimasukkan Jakarta sebagai penyelenggara. Laporan: Setyo Adi Nugroho

Berita Terkait

Ini Tiga Modifikator Terbaik Honda Modif Contest 2019

Nurofia Fauziah

Ups, Pengendara Yamaha X Ride Nyusruk Ke Pasir Tertangkap Google Maps

Nurofia Fauziah

Suzuki Ertiga Kena Ubahan Minor di Interior Apa Saja

Nurofia Fauziah

Land Rover Discovery Bermesin 2 Liter Resmi Mengaspal di Indonesia, Harga 2,499 Miliar

Nurofia Fauziah

Tips Hemat Biaya Akali Puli Motor Matik yang Mulai Aus, Modal Ini Doang

Nurofia Fauziah

Harga Jual Chevrolet Seken Makin Jatuh General Motor Cabut dari Indonesia

Nurofia Fauziah

Tips Ala Nabila Putri Untuk Para Cewek yang Mau Belajar Naik Moge

Nurofia Fauziah

Tembus 4.055 Unit, SPK Mobil Mitsubishi di GIIAS 2019 Lampau Target

Nurofia Fauziah

DFSK Sudah Terima Inden 100 Unit untuk SUV Terbarunya, Glory 560

Nurofia Fauziah

Rossi Meramal Tiga Nama yang Akan Jadi Juara MotoGP Austria

Nurofia Fauziah

Maxi Yamaha Day Sambangi Bandung Diikuti Ratusan Bikers

Nurofia Fauziah

Final BlackAuto Battle 2019 Yogyakarta berhasil Suguhkan Menu buat Car Tuning Enthusiast

Nurofia Fauziah

Leave a Comment