Otomotif

Gubernur Anies Baswedan Umumkan Jakarta Siap Gelar Formula E di 2020, IMI: Ini yang Harus Disiapkan

Rencana Jakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Formula E disambut antusias. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan pada 2020, Formula E akan hadir di Ibukota Jakarta. Lantas persiapan apa saja yang harus segera dilakukan Jakarta? Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia ( IMI) Sadikin Aksa mengungkapkan secara bertahap, Jakarta harus menyiapkan sirkuit untuk balapan tersebut. Formula E dikenal sebagai balapan mobil listrik yang menggunakan jalanan perkotaan sebagai tempat balap. Saat ini ada 12 kota di seluruh dunia seperti Hong Kong, Sanya, Roma, Paris, Berlin, New York yang menyelenggarakan balap mobil listrik ini.

“Nanti biasanya ada desain sirkuit oleh desainer. Penyelenggara kemudian koordinasikan dengan IMI sebagai induk organisasi olahraga bermotor. Nanti kita bawa ke FIA sebagai federasi tertinggi lalu bersama sama berdiskusi dengan pemerintah kota,” ucap Sadikin yang dihubungi Minggu (14/7/2019). Sadikin menjelaskan Formula E sangat jarang dilaksanakan di sirkuit tertutup atau khusus balapan. Rata rata ada di jalanan perkotaan dengan jarak tidak lebih dari 3 kilometer. Sebagai contoh jalanan Hongkong yang digunakan untuk penyelenggaraan Formula E sejauh 1,8 kilometer. Kota Roma hadir dengan panjang sirkuit 2,8 kilometer.

Sadikin menjelaskan Formula E lebih mengutamakan pesan yang mereka bawa untuk setiap penyelenggaraan balapnya. Yakni mobilitas ramah lingkungan. “Berbeda dengan Formula 1 yang komersial, mereka membawa pesan bagaimana berkendara go green atau ramah lingkungan. Maka harapannya dalam penyelenggaraan nantinya juga turut membantu menurunkan polusi,” ucap Sadikin. Formula E pertama kali digelar pada 2014 dengan jalanan ibukota negara sebagai sirkuitnya. Saat ini ada 14 seri dengan 13 kota yang menjadi penyelenggara Formula E.

Untuk musim 2019/2020 sudah diumumkan ada 14 race di 12 kota. Dalam pengumuman tersebut, bulan Desember 2019 masih belum diumumkan kota apa yang akan menyelenggarakan balapan tersebut. Kemungkinan akan bertambah jadwal di 2020 untuk dimasukkan Jakarta sebagai penyelenggara. Laporan: Setyo Adi Nugroho

Berita Terkait

Mulai Rp 186 Jutaan hingga Rp 228 Jutaan Harga Mobil Grand New Xenia Terbaru November 2019

Nurofia Fauziah

Sudah Dikenalkan tapi Harga Renault Triber Hingga Kini Tak Jelas

Nurofia Fauziah

Juara Best of The Best Suryanation Motorland Battle 2019 Seri 5 Surabaya Lutfi Ardika

Nurofia Fauziah

Ketahui Empat Penyebab Radiator Mobil Mengalami Kebocoran

Nurofia Fauziah

DFSK Rayakan Kemerdekaan RI Lewat Konvoi Bareng ke Sukabumi

Nurofia Fauziah

Lima Pebalap AHRT Pasang Target Podium Tertinggi di ARRC Burriram

Nurofia Fauziah

Mana yang Anjlok Harganya antara Mobil Bekas Wuling Confero S, Avanza, dan Xpander

Nurofia Fauziah

Menggunakan Tol Trans Jawa, Tak Melulu Soal Tarif Tapi Juga Nyawa

Nurofia Fauziah

New Avanza Ditawarkan dengan Harga Hanya Rp 5 Juta Lewat Flash Sale di Telkomsel IIMS 2019

Nurofia Fauziah

Deretan Mobil Bekas yang Bisa Ditebus Rp 150 Juta, Termasuk Toyota Fortuner Lho

Nurofia Fauziah

Makassar Kontes Modifikasi ‘Agyanation Autocontest’ Menggebrak Nipah Mall

Nurofia Fauziah

Pakai Rantai Yamaha Byson Biar Hentakan Tenaga V Ixion Jadi Lebih Halus

Nurofia Fauziah

Leave a Comment