Corona

522 Psikolog Siap Beri Konseling kepada Masyarakat Terdampak Corona

Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Seger Handoyo mengatakan, sebanyak 522 psikolog dikerahkan selama pandemi virus corona (Covid 19). Mereka, kata Seger, akan memberikan konsultasi kepada masyarakat yang mengalami tekanan psikologi, stres dan kejenuhan selama wabah corona. Hal itu disampaikan Seger saat peluncuran layanan psikologi Sehat Jiwa (Sejiwa) menghadapi pandemi Covid 19 melalui tayangan streaming Youtube KSP, Rabu (29/5/2020).

“Ada 522 psikolog di 34 provinsi yang membantu pemerintah menjaga kesehatan psikologi masyarakat,” kata Seger Handoyo. Seger menjelaskan, para psikolog ini akan membantu dalam bentuk layanan psikologi, penanganan mandiri, konseling, dan psikoterapi. Menurut Seger, bantuan psikologi sangat penting karena masyarakat rentan bosan dan stres selama karantina.

Meski demikian, Seger mendapat adanta masyarakat yang berhasil melewati masa jenuh saat berada di rumah. Bahkan mereka mulai semangat dan merasa nyaman secara psikologis meski beraktivitas di rumah. Seger mengungkapkan ada 162 relawan psikolog yang akan ikut membantu masyarakat.

Ia menyebut seluruh relawan berpengalaman d bidang psikolog khususnya saat bencana alam. "Semua relawan telah mempunyai pengalaman memberikan bantuan psikologi di berbagai bencana alam dan sebagian besar mereka bekerja secara profesional," jelasnya. Sebelumnya, Pemerintah meluncurkan layanan konseling psikologi bagi masyarakat ditengah pandemi virus corona (Covid 19).

Layanan konsultasi melalui layanan telepon ini diberi nama Sehat Jiwa (Sejiwa). Layanan ini diluncurkan oleh Kantor Staf Presiden (KSP) dan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko melalui tayangan streaming di akun Youtube KSP, pada Rabu (29/5/2020). Moeldoko mengatakan, layanan Sejiwa ini diluncurkan bagi masyarakat yang saat ini menghadapi situasi yang tak menentu dan ditambah dengan banyaknya pemberitaan bohong yang meresahkan terkait kasus Covid 19.

"Sejiwa ini sangat penting karena masyarakat menghadapi situasi yang tidak menentu, ditambah lagi atau diperburuk oleh pemberitaan media sosial yang kadang kadang banyak menyesatkan, hoaks, itu menambah kondisi yang tidak baik bagi masyarakat indonesia," kata Moeldoko. Layanan ini dapat diakses melalui telepon ke nomor 119 ekstension 8. Masyarakat yang butuh konsultasi psikologi ketika menelepon akan langsung terhubung dengan relawan yang memberikan konseling.

Berita Terkait

Ini Jawaban Dokter Reisa Broto Asmoro Apakah Virus Corona Benar-benar Ada

Nurofia Fauziah

Ini Kata Menkeu Nasib THR & Gaji ke-13 PNS Belum Jelas Wabah Corona Dipangkas atau Ditunda

Nurofia Fauziah

dan Jepang Korsel Wishnutama Luruskan Pernyataan Luhut yang Akan Tarik Wisatawan China

Nurofia Fauziah

20.796 Kasus Positif & Total 1.326 Pasien Meninggal Update Corona di Indonesia 22 Mei 2020

Nurofia Fauziah

Jasa Penyalur Sebut Permintaan Jadi ART Meningkat Banyak yang Kena PHK Akibat Covid-19

Nurofia Fauziah

Hari Ini Pemerintah Periksa 11.970 Spesimen Terkait Covid-19 Lampaui Target Jokowi

Nurofia Fauziah

Ini Penjelasan Erick Thohir Minta Rumah Sakit BUMN Gunakan Produk dalam Negeri

Nurofia Fauziah

Ini Kata Akademisi UGM Kalung Eucalyptus Disebut sebagai Antivirus Covid-19

Nurofia Fauziah

Sudah 209 Negara Terjangkiti Kasus Baru AS Terus Meningkat UPDATE Corona Dunia 7 April 2020

Nurofia Fauziah

Pasien Positif 4.241 Kasus DKI Jakarta Masih Terbanyak UPDATE Corona Indonesia di 34 Provinsi

Nurofia Fauziah

Lonjakan Penambahan Kasus Positif Covid-19 di DKI Jakarta Hari Ini Berasal dari Pekerja Migran

Nurofia Fauziah

Sesak Napas saat Pidato Lalu Isolasi di Rumah Kronologi Bupati Karawang Positif Corona

Nurofia Fauziah

Leave a Comment