Kesehatan

5 Penyebab Sakit Darah Tinggi dan Penanganannya

5 Penyebab Sakit Darah Tinggi dan Penanganannya

Sakit darah tinggi biasa dikenal dengan sebutan hipertensi yaitu tekanan darah dalam tubuh tinggi. Hal ini perlu disadari lebih awal karena biasanya penyakit  satu ini baru terlihat  saat terjadi komplikasi. Kenali gejala dan penyebabnya untuk menghindari penyakit ini. Berikut akan dijelaskan mengenai penyebab sakit darah tinggi serta cara penanganannya!

  1. Obesitas

Berat badan yang  berlebihan dalam tubuh ini  akan menimbulkan lemak yang menumpuk sehingga mempersempit aliran darah. Kondisi ini menyebabkan sedikitnya darah yang  menuju ke jantung, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Menjadikan tekanan pada aliran darah di seluruh tubuh naik.

Cara menangani penyebab ini dengan membuat badan lebih ideal dengan cara diet sehat. Lakukan pemilahan makanan sehat dan selalu  rutin berolahraga untuk mengecilkan badan. Tak hanya yang obesitas, bagi orang yang memiliki lemak berlebih di sekitar perut, paha dan pinggul juga akan beresiko mengalami tekanan darah tinggi.

  1. Kurang Gerak

Orang yang kurang dalam melakukan aktivitas, akan membuat jantung menjadi lemah. Jantung yang lemah akan mengedarkan sedikit darah ke seluruh tubuh, karena tekanan dari pompa jantung  tak bisa bekerja cepat. Hal ini  menyebabkan aliran pembuluh darah lambat sehingga  saat ada aktivitas baru yang lebih mengedepankan pergerakan, tubuh akan terasa lemas.

Seringnya bermalas-malasan atau kurang bergerak ini yang menimbulkan detak jantung lemah. Peristiwa ini juga dapat terjadi pada pekerja kantor, pekerja freelance, dan segala jenis pekerjaan yang hanya duduk di depan monitor. Cara penanganannya hanya perlu melakukan gerakan rutin sebelum bekerja minimal 30  menit yang melibatkan semua anggota tubuh.

  1. Kebiasaan Merokok

Sakit darah tinggi mudah menyerang perokok karena setiap harinya anggota dalam tubuh akan terpapar asap rokok. Asap rokok yang  terhisap ke organ dalam akan masuk ke pembuluh darah dan berpotensi meracuni  darah. Jika dilihat secara fisiologis, darah memiliki fungsi mengedarkan oksigen dan zat-zat penting ke seluruh tubuh.

Kandungan nikotin dalam asap rokok akan menimbulkan pergeseran pada pembuluh darah. Jantung akan memompa darah lebih keras dan mengakibatkan tekanan aliran darah yang deras. Cara mengatasi berhenti merokok, mengganti kebiasaan merokok dengan makan permen, perbanyak minum air jeruk karena dapat  membuang racun yang ada di tubuh.

  1. Konsumsi Garam Berlebihan

Kandungan garam yang berlebih pada makanan perlu dihindari. Kurangi  mengkonsumsi fast food karena makanan ini mengandung  banyak sekali garam untuk penambah citarasa. Cara penanganan lainnya bisa dengan mengurangi takaran garam saat memasak sendiri di rumah. Garam merupakan kandungan mineral dari natrium yang dapat mengendap.

Endapan garam yang terjadi secara terus menerus akan menimbulkan penebalan pada dinding pembuluh darah. Kejadian ini membuat aliran darah ke seluruh tubuh menjadi sempit. Sehingga jantung akan memompa darah lebih keras agar mampu teredarkan sempurna ke seluruh tubuh. Bijaksana dalam pemakaian garam setiap harinya, terlebih untuk Anda pecinta fast food.

  1. Bertambahnya Usia

Orang  yang  sudah lanjut usia lebih rentan terkena serangan jantung yang diakibatkan oleh sakit  tekanan darah. Kondisi ini terjadi karena semakin bertambahnya usia, fungsi dari organ akan semakin menurun. Begitu juga kerja jantung yang semakin melemah. Padahal fungsi jantung sangat vital yaitu mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh.

Cara mengatasinya  dengan perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah. Pola makan yang sehat ini dibarengi dengan rutin berolahraga. Olahraga yang disesuaikan dengan usia lanjut agar tidak menimbulkan penyakit lain yang diakibatkan oleh olahraga yang terlalu berat.

Kelima penyebab sakit darah tinggi dan cara penanganannya telah dijelaskan. Hipertensi dapat dicegah dengan cara konsumsi makanan sehat, tidak merokok, rutin berolahraga serta menjaga berat badan agar ideal. Cegah hipertensi sebelum menimbulkan penyakit komplikasi seperti gagal ginjal, aterosklerosis, terbentuknya aneurisma dan lainnya.

Berita Terkait

11 Ciri Ciri Stres Sebagai Pertanda Anak Terkena Anoreksia

Nurofia Fauziah

Dr Tirta Sebut Warga Tak Boleh Bosan di Rumah Nanti Kalau Ketemu Saya di ICU Gimana

Nurofia Fauziah

Berlokasi di dekat Lokasi Wisata, RSUD Bali Mandara Banyak Layani Warga Negara Asing

Nurofia Fauziah

Harganya Murah Meriah Ramuan-ramuan Tradisional di Bawah Ini Manjur buat Atasi Nyeri Sendi

Nurofia Fauziah

Hindari Kelaparan Berlebih & Kenali Waktu Tepat buat Makan 5 Cara Diet Mudah & Aman Bagi Tubuh

Nurofia Fauziah

Kadar Lemak & Garamnya Tinggi Hati-hati Konsumsi Mi Instan! Nutrisinya Rendah

Nurofia Fauziah

Upayakan Si Kecil dapat Kandungan Serat Bukan dari Minuman Serat Instan

Nurofia Fauziah

Benarkah Mendengkur Sebabkan Gangguan Pernapasan dan Penuaan Dini? Simak Penjelasannya

Nurofia Fauziah

Remaja ini Jadi Buta dan Tuli, Sejak SD Hanya Mau Makan Frozen Food dan Snack Kemasan

Nurofia Fauziah

Siti Badriah Makan Taoge Tiap Hari Biar Cepat Hamil, Ternyata Ini Manfaat Taoge Menurut Pakar

Nurofia Fauziah

Januari 2020 Ribuan Pengidap HIV/AIDS Bakal Putus obat ‎Stok Obat ARV Menipis

Nurofia Fauziah

dari Tomat Hingga Kacang-Kacangan 5 Makanan Ekonomis Ini Dipercaya Bisa Perpanjang Umur

Nurofia Fauziah

Leave a Comment