Travel

5 Fakta Nasi Kucing, Nasi Bungkus Porsi Kecil yang Ada di Jogja dan Solo

Siapa yang tidak kenal dengan nasi kucing? Nasi ini biasanya dibungkus dengan daun pisang atau kertas minyak. Nasi putih yang disajikan dengan sambal dan gereh (ikan asin) atau bandeng ini memiliki porsi yang sedikit dan banyak dijajakan di angkringan atau hik.

Tapi tahukah kamu fakta menarik di balik nasi kucing yang unik ini? Disebut nasi kucing karena pada awalnya menu nasinya terdiri dari sambal dan gereh (ikan asin) atau bandeng. Ikan asin merupakan makanan kesukaan kucing kucing di kampung.

Selain itu, porsinya yang sedikit semakin membuat nasi ini terkesan seperti makanan untuk kucing. Nasi kucing biasa disajikan dengan porsi yang kecil layaknya makanan kucing, ini dikarenakan nasi kucing memang bukan untuk mengenyangkan perut yang lapar. Namun hanya untuk menemani perbincangan orang orang yang nongkrong di hik atau angkringan.

Nasi kucing merupakan kuliner yang terkenal sejak dulu dengan porsi dan ukuran yang kecil. Kebanyakan hik atau angkringan tetap menyajikan nasi kucing dalam bentuk bungkusan kertas atau daun pisang mengerucut. Namun, ada juga pedagang yang menyajikannya menggunakan piring layaknya prasmanan, tetapi banyak yang menyebutnya bukan sebagai nasi kucing.

Karena, nasi kucing yang disajikan dengan bentuk lain membuat pembeli enggan karena takut harganya jauh lebih mahal. Ini karena, nasi kucing memang identik dengan harga murah dan porsi kecil. Fakta menarik nasi kucing yang jarang diketahui berikutnya yakni pernah berjasa di era reformasi.

Di masa krisis moneter saat reformasi pada 1998, banyak mahasiswa yang menyambung hidupnya dari dua bungkus nasi kucing, karena saat ituharga apapun sangat mahal. Fakta menarik nasi kucing yang jarang diketahui berikutnya yakni awalnya hanya ada di Solo dan Yogyakarta. Namun seiring berjalannnya waktu, nasi kucing bisa kamu temukan di beberapa daerah di Pulau Jawa, di antaranya Salatiga, Semarang, Purwokerto, dan sebagainya.

Berita Terkait

Begini Persiapan Pengibaran Bendera Merah Putih Bawah Air di Ancol

Nurofia Fauziah

Negara Pimpinan Kim Jong Un yang Mengklaim Temukan Unicorn 40 Fakta Unik Korea Utara

Nurofia Fauziah

Ke-Santuy-an Tahun Baru Ala Havana di Santika Garut

Nurofia Fauziah

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Instagramable di Singapura

Nurofia Fauziah

Liburan Seru! Inilah Cara Memilih Paket Wisata Luar Negeri yang Murah

Nurofia Fauziah

Itinerary Cappadocia Izmir Pamukkale 3 Hari 2 Malam, Cocok Untuk Solo Traveler

Nurofia Fauziah

Ini Cara Paling Mudah dan Murah ke Korea Selatan

Nurofia Fauziah

Suasananya Obati Rindu Kampung Halaman 7 Tempat Nikmati Kuliner Tradisional Jogja

Nurofia Fauziah

12 Tempat Wisata Populer di Phuket Thailand, Wajib Abadikan Momen di Kota Tua

Nurofia Fauziah

Mondelez Kenalkan Oreo Cookie Crumb Kemasan 1 Kg buat Topping Martabak Sampai Milkshake

Nurofia Fauziah

Ini Alasan Mengapa Pilot Tak Beri Tahu Penumpang Ketika Pesawat Berada dalam Bahaya

Nurofia Fauziah

AirAsia Jadikan Lombok Sebagai Hub Baru

Nurofia Fauziah

Leave a Comment